Selasa, 19 Maret 2013

Kampanye Earth Hour Indonesia 2013


Well, untuk pertama kalinya saya ikut kampanye ini dan dengan sejujurnya saya bilang kalo saya baru tau kemaren tentang komunitas EARTH HOUR ini. :)

Oke helloooo, jadi selama ini kemana aja? Ya berhubung profesi saya sebagai mod...eh art...ehem programmer deng, makanya saya ga sempet deh buat tau tentang komunitas-komunitas kaya gini, kalo istilah sombongnya sih ga ada waktu gitu. Bercanda. Tapi jangan salah, sebenernya saya selalu tertarik dengan hal-hal kaya gini cuma ga pernah aja tergabung sama komunitas-komunitas.

Oke, jadi tau darimana tentang Earth Hour Indonesia ini? Sabar mau dijelasin nih, jadi tuh kemaren iseng buka facebook trus ada yang ngeshare foto dan di tag ke EH indonesia. Iseng-iseng dibuka ternyata isinya menarik tentang kampanye buat hemat listrik, buat kebersihan lingkungan, dll. Terus ga sengaja juga liat ada info buat kampanye di bunderan HI tanggal 17 maret 2013 jam 6 pagi. Dari situ niat buat ikutan muncul, lumayanlah sekalian nambah pengalaman baru sama temen baru juga.


Singkat cerita saya berangkat ke HI sendirian, nyampe sana sekitar jam setengah 7 dan menurut informasi dari facebook, kumpulnya di depan menara BCA. Oke, pas diliat ga ada siapa-siapa mungkin mereka udah pada mulai secara saya telat setengah jam. Saya jalan aja terus ke arah bunderan HI dan ngeliat orang-orang pada pake baju item (dress code emang disuruh warna item) dengan tulisan “INI AKSIKU! MANA AKSIMU?”. Ohem..ternyata mereka berkumpul depan plaza indonesia. Saya yang ga kenal siapa-siapa nyoba SKSD ke peserta kampanye yang lain. Dan bla...bla...bla...akhirnya saya dikenalin ke koordinator nya yang bernama kakak ijah (sebenernya sih dia lebih muda dari saya). Oke setelah mendapat pengarahan bla...bla...bla...akhirnya saya kebagian tugas untuk membawa form signup offline.


Apakah  form sign up offline itu? Oke biar kakak jelasin, jadi form sign up offline ini tuh berisi data-data dari masyarakat yang udah melakukan aksi EARTH HOUR. Dimana aksi dari EARTH HOUR ini ada 5 yaitu : 1. MENGHEMAT LISTRIK, 2. MENGGUNAKAN TRANSPORTASI UMUM, 3. MENOLAK KANTONG KERESEK, 4. HEMAT KERTAS, 5. HEMAT TISU. Kita sebagai petugas yang membawa form signup ini harus mendatangi dan melakukan pendeketan (cieh kaya mau pacaran aja) kepada orang-orang yang lagi ada di sekitar bunderan HI tersebut. Jadi semacam sales gitu deh, pertama kita ngejelasin apa sih EARTH HOUR itu, udah pada tau belum sebelumnya tentang EARTH HOUR, dll. Kemudian kita tanyain sama orang-orang itu udah pada ngelakuin aksi-aksi EARTH HOUR belum, nah kalo udah mereka nanti disuruh ngisi form deh yang terdiri dari nama, domisili, no hp, email sama aksinya. 

Cape juga ternyata ya jadi petugas signup, hausnya itu loh bukan mainan. Mau beli air minum botol malu, soalnya salah satu aksi EARTH HOUR juga adalah bawa botol minuman sendiri dari rumah, untuk menghindari pemakaian botol plastik. Tapi dinikmatin aja semuanya, karena ini adalah pengalaman pertama saya dan itung-itung ngingetin diri sendiri juga supaya bisa merubah gaya hidup menjadi lebih GO GREEN. Ya..minimal melakukan 5 aksi diatas lah. :)

Oke singkat cerita lagi, kita berjalan sampai depan IX. Disana kita berkumpul untuk istirahat, evaluasi dan ada sesi foto liputan untuk beberapa media (tapi yang difoto cuma yang bawa papan aja L). Setelah selesai semuanya, kemudian kembali lagi berkumpul di depan plaza indonesia untuk sarapan gratis. :)

Oiya lupa satu hal penting yang harus disampein, minggu depan tanggal 23 MARET 2013 bakal ada pemadaman serempak seluruh INDONESIA dari pukul 20:30-21:30, so diinget-inget ya. Yang lagi ngerjain skripsi  jam segitu rajin-rajin deh di-save, yang lagi baca buku tamatin segera sebelum jam 20:30, yang pada niat mau nge-mall mendingan diem dirumah trus selimutan, yang mau malem mingguan sama pacar udah libur dulu dan untuk yang jomblo ga masalah kali ya. :) 

Oke sekian dari saya, semoga tulisan ini bermanfaat.

"Langkah besar pasti dimulai dari langkah-langkah kecil terlebih dahulu"    


-nl08-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar