Selasa, 12 Februari 2013

Perjalanan Panjang, Hebat dan Menyenangkan ( Malang ) - Part 1



Berawal dari ajakan seorang teman, dan akhirnya membawa saya kepada sebuah perjalanan panjang, hebat dan menyenangkan. 

1 Februari 2013, pukul 14:00, stasiun pasar senen. Kereta api ekonomi jurusan pasan senen-malang (PP) telah merapat di stasiun pasar senen.  Saya, rini, mba sari, ncek, mas tommi, mba dita dan mba rika yang udah nunggu sejak pukul 13:00 langsung naik ke kereta dan mencari tempat duduk masing-masing. Kereta mulai jalan sekitar pukul 15:30, ngaret setengah jam dari waktu keberangkatan.




Banyak yang bilang, kereta ekonomi matarmaja yang saya tumpangi ini jauh dari kata layak. Ada yang bilang kursi yang digunakan seperti kursi kopaja, keras. Kamar mandinya juga tidak layak, kotor. Mungkin pernyataan seperti diatas memang benar, tapi itu dulu. Yang ada kenyataannya sekarang kereta api matarmaja menurut saya sudah cukup layak. Kursi yang saya duduki pun cukup lah untuk ukuran kereta dengan tiket  seharga Rp 51.000, ya walaupun kita harus puas duduk dengan posisi tegak tapi setidaknya kepala masih bisa bersandar tidak seperti kursi kopaja. Saya pun mengecek kamar mandinya dan Alhamdulillah kamar mandinya juga bersih, lengkap dengan peralatannya. 





Perjalanan jakarta-malang menghabiskan waktu kurang lebih 18 jam. Untungnya saya berangkat bareng teman-teman yang lain jadi selama di perjalanan bisa ngobrol ngalor ngidul, bercanda, main TTS bareng, dll. Saya ga tau deh kalo saya berangkat sendirian, kemungkinan bakal jadi bangke gara-gara kebanyakan tidur. Oiya untuk solat, saya dan teman-teman melakukannya sambil duduk.

Kereta berhenti hampir di setiap stasiun, maklumlah kereta ekonomi kan banyak ditunggu banyak orang. Selain itu yang membuat perjalanan semakin lama adalah ketika kereta ekonomi harus mengalah pada kereta eksekutif.  Ternyata istilah kasta tidak hanya berlaku di dunia manusia aja, di dunia pekeretaan pun kereta dengan kasta yang lebih rendah harus mengalah pada kereta dengan kasta yang lebih tinggi.   Suasana kereta menjadi langsung ramai ketika berhenti di setiap stasiun karena banyak pedagang yang masuk kereta dan menjajakan jualannya. Dari mulai nasi pecel, pop mi, nasi rames, makanan dan minuman ringan, buku TTS, mainan anak-anak, alat pijat dan masih banyak lagi.  

Saat yang paling menyenangkan di kereta adalah ketika menanti sunrise datang. Saya dan teman-teman berdiri di pintu kereta dan merasakan angin pagi menampar wajah kita, segar!. Pukul 06:00, kereta berhenti di stasiun blitar. Karena kereta berhenti cukup lama, saya dan teman-teman memutuskan untuk turun dan mengambil gambar. Suasana pagi di stasiun blitar sungguh indah, hangat dan memukau (majas perlebayan), serius indah karena matahari benar-benar menyapa kita dengan sinar nya yang masih berwarna orange, hangat!.  Kira-kira 20 menit kemudian kereta pun bergerak lagi menuju malang.




2 Februari 2013, pukul 08:00, akhirnya kereta merapat di stasiun malang kota baru, ALHAMDULILLAH!.


Tim dari BLAKRAX ADVENTURE telah menjemput kita di stasiun. Rupanya banyak juga grup lain yang naik kereta matarmaja, baru ngeh. Sambil menunggu peserta yang naik kereta lain (red : eksekutif), saya dan teman-teman diajak menuju kendaraan yang akan membawa kita ke homestay. Kendaraan yang akan kita tumpangi sampai homestay adalah angkot. Panitia dari blakrax membagikan sarapan yaitu nasi box yang berisi nasi dan ayam bakar, fiuh…akhirnya setelah 18 jam bertemu nasi juga.

Sekitar pukul 09:00 dan rombongan telah komplit, perjalanan dilanjutkan ke homestay dengan menggunakan angkot. Lama perjalanan sekitar 1 jam dengan dua kali pergantian angkot. Selama perjalanan ke homestay, saya merasa de ja vu karena pemandangan menuju homestay hampir sama dengan yang ada di Ciwidey Bandung, jalur mendaki dengan pemandangan alam di kanan kiri.
Homestay dipisah pisah per grup. Jarak antara satu homestay dengan homestay lainnya ada yang jauh ada juga yang dekat. Saya dan teman satu grup perempuan berada di satu homestay yang sama. Homestay yang kami tempati cukup nyaman, tempat tidur dan selimutnya bersih, colokan listriknya banyak dan yang terpenting kamar mandi nya dilengkapi dengan fasilitas air panas. 

Bersambung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar